Sabtu, 02 Juni 2018

Kemah Budaya Merekatkan Gerakan Kepanduan Milenial Dengan Budaya Lokal




Assalamualaikum ……
Salam Pramuka !!!
Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Abdi Pertiwi !!!

Salam budaya !!!
Sobat-sobat Pramuka smase yang berbahagia beberapa bulan yang lalu tepatnya pada bulan April Gugus Depan SMA N 1 SEWON (smase) baru saja mengikuti kegiatan “Kemah Budaya” yang diselenggarakan oleh Kwarcab Bantul pada tanggal 29 April 2018.
Proses pembuatan Penjor 
Kegiatan ini diikuti kurang lebih 13 Gugus Depan di tingkat kabupaten Bantul. Smase dalam ajang tersebut mengirimkan perwakilannya yaitu sangga putra dan sangga putri.

Dalam kegiatan yang berbau budaya ini kwarcab Bantul telah menyusun beberapa cabang lomba (giat prestasi) untuk menumbuhkan dan mengembangkan identitas budaya bangsa khususnya “Budaya Jawa” kepada generasi muda khususnya pramuka yang mempunyai andil besar menjadi benteng tindakan-tindakan negatif yang kahir-akhir ini marak dilakukan oleh oknum pemuda. Cabang lomba itu antara lain :

    1.   Penjor
    2.   Pakaian adat
    3.   Peningset
    4.   Fotografi
Peserta Lomba Pakaian Adat dari Smase
Proses pembuatan peningset dari sangga putri

Sangga dari smase yang diketuai oleh Muhammad Rifai dkk ini sukses dan berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya :

Juara 1 Peningset
Juara 2 Penjor
Juara 3 Fotografi

Kami sangat mengapresiasi program dari Kwarcab ini, karena setelah mengikuti kegiatan tersebut kami yakin peserta akan lebih mengenali budaya-budaya Jawa yang adiluhung ini. Contohnya tradisi *Penjor yang lebih familiar kita lihat pada saat hajatan ternyata dalam kegiatan Kemah Budaya ini dilombakan.

Dan pada intinya melalui kegiatan ini diharapkan para peserta Kemah Budaya dapat menularkan ilmu serta pengalaman yang didapatkan kepada teman-teman yang lain di lingkungan gudep 0201-02062 smase untuk membentuk watak pemuda yang patriotis tanpa melupakan sejarah, budaya, dan tradisi.

Salam budaya..... Salam Pramuka !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kemah Budaya Kwarda DIY 2018 Perwakilan Pramuka SMASE (Juara 2 Peningset & 3 Peragaan Busana Adat)

Assalamualaikum …… Salam Pramuka !!! Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Abdi Pertiwi !!! Pada tanggal 27 -30 Juli kemarin 5 Sis...